Breaking News

DPRD Pamekasan Sebut Banyak Asset Pemda Tak Bersertifikat

Pamekasan, 31/10 (Media Madur) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan, Madura, Jawa Timur mengungkapkan bahwa masih banyak asset Pemda berupa tanah yang tidak bersertifikat.

Hal itu diketahui setelah Komisi II DPRD Pamekasan melakukan rapat koordinasi dengan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) setempat, Senin (31/10/2016) pagi.

Melihat kondisi itu, Koordinator Komisi II DPRD Pamekasan Suli Faris meminta agar pengurusan sertifikat segera diselesaikan. Hal itu demi meminimalisir terjadinya klaim dari masyarakat.

“Persoalan tanah masih rentan mejadi sengketa antar pemkab dan masyarakat. Sehingga, sebelum muncul pengakuan hak tanah dari masyrakat, segera diurus dokumen kepimilikannya,” katanya usai rapat.

Ia meminta pengurusan sertifikat tersebut jangan menunggu gejolak di masyarakat, pasalnya jika gejolak itu muncul maka akan muncul juga banyak pertimbangan.

“Mumpung belum ada protes, segera dibuatkan sertifikat. Jangan menunggu terjadi sengketa baru diurus. Jadi, pengalaman kurang baik terjadi sengketa tanah antara pemkab dan warga harus diantisipasi,” ujar Politisi PBB itu.

Sementara, Kepala BPKA Pamekasan Taufikurrahman menguraikan, untuk tahun 2016 ada sekitar 36 aset tanah yang akan diusulkan ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pamekasan untuk dibuatkan sertifikatnya.

“Kami tetap berupaya menyertifikat semua aset-aset yang belum ada dokumen kepemilikannya atau tanah tak bertuan. Pada tahun ini 36 aset tanah sedang dalam proses pemberkasan untuk diurus ke BPN,” kata Taufik singkat.

sumber :http://mediamadura.com

522total visits,2visits today

About Sekretariat DPRD Pamekasan

Leave a Reply