Breaking News

Sejarah DPRD

SEJARAH SINGKAT
DPRD merupakan lembaga perwakilan rakyat daerah yang anggota-anggotanya berasal dari partai politik peserta pemilu, yang terdiri dari 5 ( lima ) daerah pemilihan Yaitu Dapil I wilayah Kecamatan Pamekasan dan Kecamatan Tlanakan;Dapil II wilayah Kecamatan Proppo dan Kecanatan Palengaan; Dapil III wilayah Kecamatan Larangan, Kecamatan Galis dan Kecamatan Pademawu; Dapil IV wilayah Kecamatan Pegantenan, Kecamatan Pakong dan Kecamatan Kadur dan Dapil V wilayah Kecamatan Batumarmar, Kecamatan Waru dan Kecamatan Pasean,yang dipilih berdasarkan hasil pemilihan umum. Dasar hukum dan kedudukan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pamekasan masa jabatan Tahun 2009-2014 tidak terpisahkan dengan beberapa dasar dan landasan konstitusional yang berlaku sehingga terbentuk dan terwadahi di dalam lembaga perwakilan rakyat daerah. Diawali dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik yang merupakan sumber input lembaga-lembaga perwakilan dan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008 tentang Pemilihan Umum sebagai mekanisme rekrutmen bagi anggota legislatif. Selanjutnya Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2009 yang mengatur tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.
Berdasarkan Berita Acara Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pamekasan tanggal 11 Mei 2014 Nomor 18/Kpts/KPU-Prov-014-PMKS/2014 tentang Penetapan Perolehan Suara dan Kursi Partai Politik serta Penetapan Calon Terpilih anggota DPRD Kabupaten Pamekasan Pemilu Tahun 2014 dan Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 171.432/414/011/2014 tanggal 12 Agustus 2009 tentang Peresmian Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pamekasan Tahun 2014 maka sebanyak 45 (empat puluh lima) orang calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pamekasan masa jabatan 2014 sampai dengan 2019, diambil sumpah dan janji menurut agama dan kepercayaannya. Bertempat di Pendopo Ronggo Sukwati Kabupaten Pamekasan, pengucapan sumpah/janji tersebut dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Pamekasan atas nama Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia.
Anggota DPRD Kabupaten Pamekasan hasil Pemilihan Umum 2014 masa jabatan tahun 2014 sampai dengan 2019 berjumlah 45 (empat puluh lima) orang, berasal dari 10 (Sepuluh) Partai Politik Peserta Pemilu yang mewakili dari 5 daerah pemilihan sekabupaten Pamekasan yaitu :
1.    Partai Persatuan Pembangunan ( PPP ) 9 orang;
2.    Partai Kebagkitan Bangsa ( PKB ) 5 orang;
3.    Partai Golongan Karya (( P.GOLKAR ) 4 orang;
4.    Partai Demokrat ( PD ) 5  orang;
5.    Partai Bulan Bintang ( PBB ) 5 orang;
6.    Partai Amanat Nasional ( PAN ) 5  orang;
7.    Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP ) 2  orang
8.    Partai Gerakan Indonisia Raya ( P.Gerindra ); 3  orang;
9.    Partai Keadilan Sejahtera ( PKS ) 3  orang;
10.    Partai Nasional demokrasi ( Nasdem) 4 Orang;

Setiap Anggota DPRD terwadai dan bergabung ke dalam Fraksi-fraksi.Di DPRD Kabupaten Pamekasan terdpat 8 ( sembilan ) Fraksi.
1.    Fraksi Persatuan Pembangunan ( PPP ) berjumlah 9 orang;
2.    Fraksi Kebagkitan Bangsa ( PKB ) berjumlah  5 orang;
3.    Fraksi Golongan Karya (( P.GOLKAR ) berjumlah  4 orang;
4.    Fraksi Demokrat ( PD ) berjumlah  5  orang;
5.    Fraksi Bulan Bintang ( PBB ) berjumlah 5 orang;
6.    Fraksi PAN Sejahtera berjumlah  8  orang; terdiri atas 5 orang berasal dari PAN dan 3 orang berasal dari PKS;
7.    Fraksi Merah Putih ( PMP ) berjumlah 5 orang terdiri atas  2 orang berasal dari PDIP dan 3 Orang berasal dari Partai GERINDRA
8.    Fraksi Nasdem berjumlah 4 orang;

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah mempunyai alat-alat kelengkapan sebagai perangkat organisasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Alat-alat kelengkapan Dewan berfungsi sebagai akomodasi dan distribusi tugas pokok dan fungsi lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, dimana setiap anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah terwadahi didalam struktur alat kelengkapan tersebut. Alat-alat kelengkapan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah bersifat tetap dan bersifat sementara, terdiri atas:
a.    Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah;
b.    Badan Musyawarah;
c.    Komisi;
d.    Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BPPD);
e.    Badan Anggaran (Banggar);
f.    Badan Kehormatan (BK);
g.    Panitia Khusus (Pansus);
h.    Panitia Kerja (Panja); dan
i.    Alat kelengkapan lainnya yang diperlukan dan dibentuk oleh Rapat Paripurna.

2919total visits,1visits today

About Sekretariat DPRD Pamekasan

Leave a Reply